RSS


BALI IN GENERAL

Hai guys, 

Kalau berbicara tentang ‘Bali’ , apa sih yang lo pada tau selain menghabiskan waktu liburan lo disana dengan jalan” dan shopping ?? Sebelum lo pada memutuskan untuk berlibur ke Bali, mending baca dulu deh info – info yang gue tulis , semoga bermanfaat :D


1. Sejarah Bali

Penghuni pertama pulau Bali, diperkirakan datang pada tahun 2500-3000SM yang bermigrasi dari Asia. Pada 100SM, ajaran agama Hindhu dan bahasa Sansekerta mulai datang dari India. Kebudayaan Bali sendiri, banyak mendapat pengaruh dari kebudayaan India. 

Orang Eropa yang pertama kali menemukan Bali adalah Cornelis De Houtman dari Belanda (1597), meskipun sebelumnya terdapat kapal Portugis yang terdampar di Bukit, Jimbaran pada tahun 1585. Pada 29 Desember 1949 ketika Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia, Bali dimasukkan ke dalam Republik Indonesia Serikat . Baru pada tahun 1950, secara resmi Bali meninggalkan perserikatannya dengan Belanda. 


2. Geografi 

Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain. 

Berdasarkan relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya. Adanya pegunungan tersebut menyebabkan daerah Bali secara Geografis terbagi menjadi 2 (dua) bagian yang tidak sama yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai dan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. 

Kemiringan lahan Pulau Bali terdiri dari lahan datar (0-2%) seluas 122.652 ha, lahan bergelombang (2-15%) seluas 118.339 ha, lahan curam (15-40%) seluas 190.486 ha dan lahan sangat curam (>40%) seluas 132.189 ha. Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan, Buyan, Tamblingan dan Danau Batur. 

Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Republik Indonesia. Secara administratif Provinsi Bali terbagi atas 9 kabupaten/kota, 55 kecamatan dan 701 desa/kelurahan. Untuk batas wilayah Pulau Bali sendiri adalah sebelah Utara yaitu Laut Bali, sebelah Selatan Samudera Indonesia, sebelah Barat Provinsi Jawa Timur, dan sebelah Timur adalah Provinsi Nusa Tenggara Barat . 


3. Demografi 

Penduduk Bali kira-kira sejumlah 4 juta jiwa, dengan mayoritas 92,3% menganut agama Hindu. Agama lainnya adalah Buddha, Islam, Protestan dan Katolik. 

Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian dan perikanan. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan di Bali adalah Bahasa Indonesia, Bali dan Inggris khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata. 

Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya di Bali. Meskipun terdapat beberapa dialek dalam bahasa Bali, umumnya masyarakat Bali menggunakan sebentuk bahasa Bali pergaulan sebagai pilihan dalam berkomunikasi. Secara tradisi, penggunaan berbagai dialek bahasa Bali ditentukan berdasarkan sistem catur warna dalam agama Hindu Dharma dan keanggotan klan (istilah Bali: soroh, gotra); meskipun pelaksanaan tradisi tersebut cenderung berkurang. 

Bahasa Inggris adalah bahasa ketiga (dan bahasa asing utama) bagi banyak masyarakat Bali yang dipengaruhi oleh kebutuhan yang besar dari industri pariwisata. Para karyawan yang bekerja pada pusat-pusat informasi wisatawan di Bali, sering kali juga memahami beberapa bahasa asing dengan kompetensi yang cukup memadai.


4. Pemerintahan 

Dalam periode 2008-2013, Pulau Bali dipimpin oleh seorang Gubernur yaitu Komjen Pol (Purn) I Made Mangku Pastika . Bapak Komjen Pol (Purn) I Made Mangku Pastika sendiri merupakan gubernur ke 9 di Bali . Sebelum – sebelumnya di jabat oleh :

· Anak Agung Bagus Sutedja (1950-1958)

· I Gusti Bagus Oka (1958-1959)

· Anak Agung Bagus Sutedja (1959-1965)

· I Gusti Putu Martha (1965-1967)

· Soekarmen (1967-1978)

· Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (1978-1988)

· Prof. Dr. Ida Bagus Oka (1988-1993)

· Drs. Dewa Made Beratha (1998-2008)


5. Tradisi dan Agama

Bali dipadati oleh lebih dari 3.5 juta orang dan hampir 85% darinya memeluk agama Hindu. Masyarakat Hindu mempertahankan nilai-nilai dasar yang mengajarkan keseimbangan dan keharmonisan semua aspek dalam hidup, yaitu Tri Hita Karana.

Tri Hita Karana adalah panduan bagaimana untuk memiliki hubungan harmonis dengan alam sekitarnya (Pawongan), orang lain (Pelemahan) dan dengan Ida Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa (Parahyangan).Komitmen untuk mempertahankan dan mewujudkan nilai-nilai mendasar dalam hidup sehari-hari adalah hal yang membuat Bali unik dalam hidup dinamis.

Umat Hindu Bali, merayakan hari raya Galungan dan hari raya Kuningan sekali dalam setiap enam bulan sekali dam merayakan tahun baru yang disebut hari raya Nyepi. Dalam pelaksanaan hari raya Nyepi ada emapat pantangan yang tidak boleh dilakukan yang disebut Catur Brata Penyepian yang terdiri dari Amati Karya (tidak boleh bekerja), Amati Geni (tidak boleh menyalakan api), Amati Lelungan (tidak boleh bepergian) dan Amati Lelanguan (tidak boleh berfoya-foya). Selama Nyepi, semua tempat di Bali selama 24 jam akan ditutup dan bebas dari kegiatan, termasuk di bandara, pelabuhan, terminal dan juga jalan raya.


By : Devi Dwi Clarasati Purnomo

Source : http://id.wikipedia.org    
                http://www.disparda.baliprov.go.id


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comment(s):

Mr Sahat said...

bali kota yang sangat indah dan kental keagamaannya
REKOMENDASI WISATA UNIK

Post a Comment