RSS

Kabupaten Bangli


Kabupaten Bangli adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Bali, Indonesia. Kabupaten Bangli adalah satu-satunya kabupaten di Bali yang tidak memiliki pantai. Bangli berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di sebelah utara, kabupaten Klungkung dan Karangasem di timur, dan kabupaten Klungkung, Gianyar di selatan serta Badung dan Gianyar di sebelah barat.
Pada tahun 2004, Bangli mempunyai luas sebesar 520,81 km². Penduduknya berjumlah 197.210 jiwa. Dengan ibu kotanya berada di Bangli.
Berikut ini adalah beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Bangli Provinsi Bali, yang indah nan elok:

Pura Kehen



Pura ini terletak di kaki Bukit Bangli, 2 km dari Kota Bangli.. Kata Kehen berasal dari kata "keren" yang berarti panas, sehingga Pura Kehen juga disebut Pura Hyang Api. Sebagai salah satu pura  kuno di Bali tersimpan tiga buah nekara perunggu dan disungsung oleh masyarakat sekitarnya. Upacara di Pura ini diadakan pada "Budha Kliwon Shunta" dan Upacara Ngusaba diadakan setiap tiga tahun sekali yang jatuh pada "Purnama Kelima" sekitar Bulan Nopember.

Air Terjun Kuning



Air Terjun Kuning terletak di Dusun Kuning disebelah selatan Bangli dekat dengan Obyek Wisata Tamanbali Raja. Tempat ini bisa ditempuh kira-kira 500 meter melalui jalan kecil yang dikelilingi kebun cengkeh yang menghijau disebelah kanan dan kiri dengan udara yang sejuk dan segar.
Obyek Wisata Air Terjun Kuning terleyak pada ketinggian 25 meter dari permukaan air sungai Tukad Melangit yang mengalir ke selatan. Disekitar Air Terjun Kuning terdapat hutan yang dihuni oleh ribuan kera.


Tamanbali Raja

Tempat ini dipakai sebagai tempat peristirahatan raja-raja. Tamanbali Raja dibangun diatas lahan seluas 5000 m2, dikeliling persawahan yang mana petaninya masih menerapkan teknik pertanian kuno.
Taman Bali Raja dibangun oleh Sang Anom Bagus dari Kerajaan Tamanbali. Areal utamanya terdiri dari sebuah pura yang dikelilingi telaga dan taman bunga yang berwarna-warni dengan beraneka ragam tumbuhan tropis.

Bukit Jati

Bukit Jati terletak di Desa Guliang Kecamatan Bangli perbatasan antara Kabupaten Bangli dengan Kabupaten Gianyar. Kira-kira 11 km dari Kota Bangli atau 3 km  dari Kota Gianyar. Tempat ini berbukit-bukit dan biasa digunakan untuk mendaki, dari puncak bukit kita dapat melihat pemandangan dan sawah berpetak yang terpadu dengan laut biru. Nan jauh disana tampak hamparan sawah yang berundak-undak.


Desa Traditional Penglipuran



Desa adat Penglipuran berlokasi pada kabupaten Bangli yang berjarak 45 km dari kota Denpasar, Desa adat yang juga menjadi objek wisata ini sangat mudah dilalui. Karena letaknya yang berada di Jalan Utama Kintamani – Bangli. Desa Penglipuran ini juga tampak begitu asri, keasrian ini dapat kita rasakan begitu memasuki kawasan Desa. Pada areal Catus pata yang merupakan area batas memasuki Desa Adat Penglipuran, disana terdapat Balai Desa, fasilitas masyarakat dan ruang terbuka untuk pertamanan yang merupakan areal selamat datang. Desa ini adalah sebuah desa yang memiliki tatanan khas dan berbeda dengan desa – desa adapt lainnya yang ada di Bali. Ciri khas desa tersebut terletak pada angkul – angkul {pintu gerbang} rumah penduduknya yang seragam. Ada 76 angkul – angkul yang berjajar rapi dari ujung utara hingga selatan desa. Angka76 ini menunjukan 76 keluarga utama atau pengarep.
Selain angkul- angkul seragam, desa yang terletak sekitar lima kilometer di utara Bangli ini juga memiliki sejumlah adat dan tradisi unik lainnya. Salah satunya, pantangan bagi kaum lelakinya untuk beristri lebih dari satu atau berpoligami. Laki – laki Desa Penglipuran dididik untuk setia kepada satu pasangan saja. Disini ada awig – awig (aturan adat) yang melarang praktik berpoligami. Jika melanggar, lelaki tersebut akan dikucilkan di sebuah tempat yang dikenal dengan nama Karang Memadu. 

Kintamani
Kintamani salah satu objek wisata di bali, yang memiliki udara pegunungan yang sejuk dengan panorama Gunung  dan Danau Batur yang indah. Yang paling pavorit di sini adalah desa Penelokan kecamatan Kintamani, desa ini terletak di tepi Gunung Batur adalah tempat yang paling indah untuk melihat pemandangan Gunung Batur dan danaunya. Di sini terdapat Gunung berapi kecil, gunung ini masih aktif sampai letusan yang besar terjadi pada tahun 1917, dimana letusan tersebut telah mengambil ribuan nyawa dan menghancurkan ratusan rumah penduduk Desa Batur Tua yang berada di dasar kaldera Batur. Penduduk yang masih tersisa mengungsi ke Desa Batur, pura Ulun Danu yang berada di lembah ginung Batur, juga pindah ke Desa Batur yang sekarang, tapi sampai sekarang pura Ulun Danu batur yang ada di penolokan masih menjadi pusat kegiatan pemujaan penduduk setempat dan Bali. Menempati bagian tengah pegunungan dan dataran tinggi pulau Bali, suhu udara di daerah Kintamani, Bangli ini cukup sejuk bahkan sangat dingin di malam hari untuk wilayah Kintamani. Pada musim-musim tertentu biasanya musim penghujan,  akan disertai turunnya kabut. Kintamani terletak di kabupaten Bangli. Bangliletaknya di tengah-tengah pulau Bali, salah satu kabupaten di Bali yang tidak  punya pesisir pantai, , berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, menyebakan wilayah ini sangat sejuk, tumbuh-tumbuhan, tumbuh subur di sana. Pesona alamnya yang indah yaitu pemandangan Danau Batur yang merupakan danau terbesar di Bali dan Gunung Batur salah satu Gunung berapi yang masih aktif, yang berdiri di tengah-tengah kaldera membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Bali.

Sumber : http://www.banglikab.go.id dan situs lainnya
by : Ayu Utami Martha Putri

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comment(s):

Post a Comment