RSS

Mata Pencaharian Penduduk


Mata Pencaharian

Mata pencaharian penduduk Bali tidak jauh berbeda dari penduduk derah lainnya di Indonesia. Sebagian besar penduduk Bali bermatapencaharian sebagai petani. Baik itu di persawahan ataupun di perkebunan. Selain itu sektor peternakan juga banyak digeluti oleh penduduk Bali. Terutama peternak sapi, babi, bebek dan ayam. Namun terkadang pekerjaan sebagai peternak merupakan pekerjaan sampingan bagi penduduk.

Bali terkenal dengan pariwisatanya. Deawasa ini sektor pariwisata memberikan banyak lapangan kerja bagi penduduk Bali. Tidak hanya sebagai karyawan hotel, restaurant, travel agent, pasar oleh – oleh atau art shop, tetapi banyak juga yang berjulan di destinasi wisata seperti berjuakan post card, makanan tradisional, kerajianan tangan, menjadi photographer, dll. Bahkan tidak hanya penduduk lokal, orang luar Bali pun banyak yang datang ke Bali untuk mendapatkan pekerjaan di sektor tersebut ataupun yang berkaitan dengannya.

Sebagai daerah tujuan wisata yang berwawasan budaya, kesenian merupakan lapangan pekerjaan yang  banyak diminati penduduk Bali. Baik itu seni ukir, lukis tari ataupun tabuh. Semua kesenian tersebut juga menjadi tulang punggung bagi pariwisata Bali.  

Sukariyanto

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comment(s):

Post a Comment