RSS

Rumah Adat Bali


Rumah Adat

Rumahku Istanaku. Bila dipikir – pikir, istilah tersebut memang benar. Sebab, rumah merupakan tempat kita beristirahat dan melakukan berbagai jenis aktivitas. Sehingga rumah harus didesign sebagus mungkin agar tetap terasa nyaman senyaman istana. Hal ini juga berlaku pada gaya arsitektur bangunan rumah di Bali. Orang Bali tidak akan membangun rumah secara sembarangan melainkan berpedoman pada aturan – aturan yang disebut Asta Kosala Kosali.

          Sesuai dengan mitholigi Hindu, dikenal istliah Tri Hita Karana. Yaitu tiga unsur penyebab kebahagiaan. Tri Hita Karana tersebut terdiri dari Parhyangan (hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan), Pawongan (hubungan yang harmonis antara manusia dengan sesama manusia) dan Palemahan (hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungan).  Konsep ini juga diterapkan dalam pembangunan rumah di Bali.

Di mana, Parhyangan merupakan daerah hulu (luan) biasanya di arah timur atau utara tempat untuk membangun tempat suci yaitu Merajan / Sanggah. Pawongan berada di tengah – tengah yaitu tempat membangun bangunan rumah. Biasanya terdapat 3 bangunan utama yaitu Bale Daja (Meten) merupakan tempat untuk beristirahat, Bale Dangin atau biasa disebut Bale Suka Duka, merupakan tempat untuk menyelenggarakan upacara Yadnya khususnya Manusa Yadnya seperti pernikahan, potong gigi dan juga kematian. Pewaregan / Paon yaitu bangunan dapur tempat untuk memasak. Bangunan lainnya berupa kamar mandi dan Jineng (lumbung) yaitu tempat menyimpan gabah atau padi yang telah dipanen. Di areal pekarangan rumah (pawongan) ini, biasanya juga terdapat sebuah Pelinggih (bangunan suci) yang terletak di dekat Bale Dangin (Bale Suka Duka). Sedangkan Palemahan adalah daerah yang tersisa selain kedua areal tersebut (teben). Areal ini biasanya digunakan untuk berkebun atau memelihara ternak seperti ayam dan babi. Areal ini juga termasuk halaman di depan rumah (Jaba / lebuh).

Bale Daja (Meten)
Photobucket
Bale Dangin (Bale Suka Duka)
Photobucket
Kori (lebuh)
Photobucket

Sukariyanto

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comment(s):

Post a Comment